Loading...

Sabtu, 20 Januari 2018

Ini 12 Cara Membuat Tempat Pensil dari Koran Bekas Step by Step Lengkap

Selamat datang di Cepot Predator 2 Karena tidak punya tempat khusus, pensil di meja kerja atau meja belajar kadang kali berserakan dan sulit ditemukan saat dibutuhkan. Hal ini tentu sangat menjengkelkan, apalagi jika kita sedang terburu-buru dan membutuhkannya dengan segera. Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini terjadi kembali, penting bagi kamu untuk menyiapkan tempat pensil sendiri di meja kerjamu.

Tempat pensil tidak harus mewah dan mahal. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan beberapa barang bekas yang ada di gudang rumahmu. Selain dapat dibuat menggunakan kaleng bekas dan stik es krim, tempat pensil ternyata bisa dibuat menggunakan bahan berupa kertas koran atau majalah yang tak terpakai. Jika belum tahu bagaimana caranya, berikut ini kertanet telah membuatkan tutorial cara membuat tempat pensil dari koran bekas lengkap beserta gambar step by step dan video panduannya.

Cara Membuat Tempat Pensil dari Koran Bekas

Kerajinan tempat pensil dari koran bekas tergolong jenis kerajinan koran gulung. Oleh karena itu, prakarya satu ini termasuk sangat mudah dibuat, bahkan bila sebelumnya kamu tidak terbiasa berkreasi membuat kerajinan tangan sekalipun. Nah, bila kamu mengikuti tutorial langkah demi langkah cara membuat tempat pensil dari koran bekas yang kami sampaikan, nantinya kreasimu akan tampak seperti pada gambar berikut.

Cara Membuat Tempat Pensil dari Koran Bekas

1. Alat dan Bahan

Nah, sebelum mempraktekan bagaimana cara membuat tempat pensil dari koran bekas, pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan. Alat yang dibutuhkan di antaranya gunting, spidol, sumpit, dan gulungan solasi. Sementara bahan-bahannya antara lain koran atau majalah bekas (saran saya lebih bagus pakai kertas majalah), lem, dan kertas kardus.

2. Cara Membuat

Setelah alat dan bahannya siap, berikutnya kamu bisa langsung menerapkan langkah demi langkah pembuatan tempat pensil dari koran bekas sebagaimana dijelaskan berikut ini.

Tempat Pensil dari Koran Bekas

Pertama, potong kertas koran secara memanjang. Satu lembar koran dipotong menjadi 3 atau 4 bagian. Lalu gulung menggunakan sumpit seperti terlihat pada gambar 1.
Kedua, agar ujung gulungan rapi dan hemat lem, kamu juga bisa memotong runcing ujung gulungan kertas.
Ketiga, buat beberapa gulungan kertas koran dengan cara yang sama. Jumlah gulungan bisa disesuaikan dengan ukuran tempat pensil yang hendak kamu buat.
Keempat, lem gulungan kertas satu dengan yang lainnya.

Tempat Pensil dari Koran

Kelima, pengeleman dilakukan dengan menggunakan mal berupa gulungan solaso. Kamu juga bisa menggunakan benda lain seperti bambu atau potongan botol.
Keenam, lakukan pengeleman terus menerus hingga seperti gambar 6.
Ketujuh, untuk bagian yang sulit dijangkau, pengeleman juga dapat dilakukan diluar gulungan mal. Baru kemudian dilekatkan sekira jumlah gulungan sudah pas.
Kedelapan, sisi tempat pensil sudah jadi dan biarkan mengering.

Cara Membuat Tempat Pensil dari Koran Bekas

Kesembilan, selagi menunggu lem kering, sekarang kita buat alas tempat pensilnya. Gunakan gulungan solasi tadi sebagai mal untuk menggambar pola alas.
Kesepuluh, gunting mengikuti alur yang sudah dibuat. Usahakan agar diameter alas koran sama dengan diameter susunan gulungan koran tadi.
Kesebelas, lekatkan alas dengan gulungan kertas dan biarkan mengering.
Keduabelas, tempat pensil dari koran sudah jadi dan tinggal dihias. Kamu bisa mengecatnya dengan warna kesukaanmu atau menambahkan aksesoris unik agar tampilannya lebih menarik.
Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas Koran Cara Membuat Keranjang dari Koran Cara Membuat Bunga dari Koran

3. Video Tutorial

Sangat sederhana sekali bukan? Semoga kamu bisa mengikutinya dengan mudah. Dan bila ingin lebih jelasnya lagi, kamu bisa menonton video tutorial cara membuat tempat pensil dari koran bekas tadi di sematan ini.



Demikianlah tutorial yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini tentang rangkaian cara membuat tempat pensil dari kertas koran. Bila kamu ingin mencoba membuat berbagai kerajinan tangan unik dari kertas koran lainnya, kamu bisa berkunjung ke link ini. Di link tersebut ada banyak ide dan inspirasi yang bisa membangkitkan kreativitasmu dalam memanfaatkan barang bekas koran untuk diubah menjadi benda-benda bermanfaat. Salam! var obj0=document.getElementById("aim1204575263245221655"); var obj1=document.getElementById("aim2204575263245221655"); var s=obj1.innerHTML; var r=s.search(/\x3C!-- adsense --\x3E/igm); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);} Semoga Bermanfaat

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar