Loading...

Rabu, 17 Januari 2018

Ini 16 Cara Membuat Lemari dari Kardus yang Unik dan Mudah + Gambar Lengkap

Selamat datang di Cepot Predator 2 Kardus-kardus bekas yang biasanya kamu buang begitu saja atau kamu tumpuk untuk kemudian dijual ke tukang rongsokan, nyatanya di tangan orang yang kreatif, ia bisa berubah menjadi berbagai barang-barang berguna untuk keperluan sehari-hari. Salah satu barang kerajinan tersebut misalnya adalah lemari penyimpanan dari kardus.

Lemari dari kardus bisa dibuat dengan mudah menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Meski mudah dibuat, namun lemari ini bisa sangat berguna untuk menyimpan berbagai barang-barang yang selama ini berserakan di gudang. Nah, untuk kamu yang tertarik tentang bagaimana cara membuat lemari dari kardus, berikut ini saya sudah membuatkan tutorialnya lengkap dengan gambar step by step dan video tutorialnya.

Cara Membuat Lemari dari Kardus

Cara membuat lemari dari kardus terbilang sangat mudah. Kamu tinggal mengikuti langkah demi langkah yang dijelaskan berikut ini, dan nantinya kamu akan menghasilkan sebuah lemari kardus dengan tampilan seperti pada gambar berikut.

Cara Membuat Lemari dari Kardus

1. Alat dan Bahan

Langkah awal yang perlu kamu lakukan sebelum mempraktekan bagaimana cara membuat lemari dari kardus adalah menyiapkan beberapa peralatan dan bahan. Alat yang disiapkan antara lain, guting, pensil, penggaris, dan pola. Sedangkan bahan-bahannya antara lain kertas kardus bekas, lem atau double tip, dan straples.

Untuk pola-nya kamu bisa mengunduh pola yang sudah kami buat di link ini. Ukuran pola-nya kecil karena hanya merupakan contoh. Bila ingin membuat lemari berukuran besar, maka kamu tinggal membuat perbandingan panjang dan lebar dari pola yang ada.

2. Cara Membuat

Setelah alat bahan yang dibutuhkan siap, berikutnya kamu bisa langsung mempraktekan langkah-langkah cara membuat lemari dari kardus sebagaimana telah kami sajikan beserta panduan bergambarnya sebagaimana berikut.

Cara Membuat Lemari dari Kardus

Pertama, jiplak pola yang sudah didownload dan diprint pada kertas kardus. Pastikan jiplakannya benar-benar sesuai (lurus) agar bentuk lemari nantinya dapat simetris. Oleh karena itu, pertegas garis pola menggunakan penggaris.
Kedua, gunting kardus mengukuti garis pola. Agar hasil potongannya rapi, kami sarankan gunakan cutter dan penggaris saja saat memotongnya.
Ketiga, berikan lem atau doble tip pada titik yang terdapat pada pola. Bila lemari yang kamu buat berukuran besar, sebaiknya gunakan straples besar agar hasilnya benar-benar kokoh.
Keempat, lekatkan sisi-sisi kardus sehingga membentuk kotak.

Cara Membuat Lemari dari Kardus

Kelima, lipat bagian sisi yang tersisa dan lekatkan kembali.
Keenam, pastikan lubang untuk pegangan sudah dibuat sehingga nantinya lemari bisa dengan mudah dibuka.
Ketujuh, jiplak kembali pola yang tersedia. Pola ini adalah sebagai wadah laci.
Kedelapan, gunting dan lekatkan sisi-sisinya mengikuti alur yang telah dibuat.

Cara Membuat Lemari dari Kardus

Kesembilan, lekatkan sisi-sisi yang tersisa.
Kesepuluh,pastikan semua lipatan benar-benar rapi dan tempelkan kertas warna pada bagian depan laci.
Kesebelas, masukan laci ke dalam kotak. Bila tidak bisa masuk, berarti ukuran kotak terlalu kecil dan kamu harus membongkarnya kembali.
Keduabelas, buat laci dengan mengulangi langkah 1 sd 11 sampai jumlahnya seperti yang kamu inginkan.

Cara Membuat Lemari dari Kardus

Ketigabelas, susun laci dan kotak pada bidang mendatar. Kamu juga bisa menyusunnya  dalam bentuk meninggi tapi perhatikan kekuatan kardus karena beban dari barang yang nantinya dimasukan.
Keempatbelas, lekatkan kotak laci satu sama lain.
Kelimabelas, tutup dengan kardus yang ukurannya sama.
Keenambelas, lemari dari kardus bekas siap digunakan.
Membuat Robot Danbo dari Kardus Bekas Cara Membuat Tas dari Kardus Bekas Lampu Hias dari Kardus Bekas

3. Video Tutorial

Sederhana sekali khan? Jika kamu masih bingung dengan tutorial yang sudah saya sampaikan di atas, kamu bisa langsung menonton video do it yourself cara membuat lemari dari kardus pada sematan berikut! Pastikan kuotamu masih banyak ya!



Nah, itulah tutorial singkat tentang panduan cara membuat lemari dari kardus beserta gambar step by step dan videonya. Semoga kamu dapat mempraktekannya dengan mudah sehingga kardus-kardus bekas yng selama ini kamu buang, bisa lebih bermanfaat. Dan khusus untuk kamu yang tertarik membuat beragam kerajinan tangan dari kardus dalam bentuk lainnnya, kamu bisa menuju daftar isi blog ini. Di sana ada ribuan ide yang pasti bisa menjadi inspirasi untuk kamu. Salam! var obj0=document.getElementById("aim11684889016391110570"); var obj1=document.getElementById("aim21684889016391110570"); var s=obj1.innerHTML; var r=s.search(/\x3C!-- adsense --\x3E/igm); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);} Semoga Bermanfaat

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar