Loading...

Selasa, 16 Januari 2018

Ini 14 Cara Membuat Robot dari Kardus (Boneka Danbo) + Polanya Gratis! Lengkap

Selamat datang di Cepot Predator 2 Beragam jenis mainan bisa kita buat dengan memanfaatkan kardus-kardus bekas yang ada di gudang rumah. Salah satu mainan unik yang harus kamu coba membuatnya adalah robot-robotan. Robot-robotan dari kardus adalah mainan yang menarik. Selain mudah dibuat, ia juga bisa menjadi mainan edukasi yang murah dan bermanfaat untuk mengasah keterampilan tangan anak-anak kita.

Lantas, bagaimana cara membuat robot dari kardus bekas yang mudah untuk dipraktekan? Alat dan bahan apa saja yang harus disiapkan? Jenis tokoh robot apa saja yang bisa dibuat dengan memanfaatkan bahan kardus bekas? Untuk tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, silakan simak pembahasan berikut ini!

Cara Membuat Robot dari Kardus

Ada banyak tokoh-tokoh robot di layar kaca yang bisa kita buat dengan menggunakan kardus bekas, mulai dari robot gundam, danbo, transformer, iron man, robot yang berukuran besar sehingga bisa dipakai orang dan bisa bergerak, hingga yang berupa miniatur berukuran kecil. Namun, untuk kesempatan kali saya hanya akan membahas cara membuat robot dari kardus yang paling sederhana, yaitu robot danbo. Agar kamu bisa lebih mudah mengikuti, saya telah sediakan tutorial bergambarnya secara step by step.

Cara Membuat Robot dari Kardus

1. Alat dan Bahan

Untuk membuat robot danbo dari kardus, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan beberapa alat dan bahan. Alat dan bahannyanya yaitu kardus tipis berukuran kertas A4 (atau kamu juga bisa menggunakan kertas A4 yang tebal), gunting, dan penggaris, cutter, lem, dan pola danbo. Saya sudah menyediakan pola danbo yang bisa kamu download dan print di sini.

2. Cara Membuat

Setelah semua alat dan bahan yang diperlukan siap, selanjutnya kamu menggunting kertas yang sudah berpola dan melipatnya mengikuti pola lipatan yang sudah disediakan. Lalu kamu bisa langsung mempraktekan langkah-langkah cara membuat robot dari kardus sebagaimana berikut.

Cara Membuat Robot danbo dari Kardus

Pertama, buat lengan danbo menggunakan pola nomor 16.
Kedua, buat juga lengan kanannya dengan pola nomor 16 juga.
Ketiga, buat engsel tangan menggunakan pola nomor 6 dan nomor 7 (silinder) serta pola nomor 9 (dudukan).
Keempat, tempelkan tangan dengan engsel tangan.

Membuat Robot danbo dari Kardus

Kelima, buat badan danbo dengan pola nomor 8.
Keenam, tempelkan lengan danbo dengan badannya dan pastikan tangan dapat bergerak bebas ke atas dan ke bawah.
Ketujuh, buat engsel untuk bagian kepala menggunakan pola nomor 14, 15 (engsel) dan 13 (dudukan),
Kedelapan, tempelkan engsel kepala dengan tahanannya nomor 12 untuk bagian atas dan bawah.

Robot danbo dari Kardus

Kesembilan, tempelkan tahanan engsel kepala ke badan bagian atas.
Kesepuluh, rakit kepala danbo menggunakan pola nomor 1.
Kesebelas, letakan kepala danbo di atas engsel dengan cara mengelemnya pada bagian atas engsel.
Keduabelas, buat kaki danbo dengan pola nomor 2.
Ketigabelas, buat engsel kaki dengan pola nomor 17 dan 5 (engsel), lalu lekatkan kaki danbo dengan engselnya.
Keempatbelas, tempelkan engsel kaki danbo ke badan bagian bawah (kiri dan kanan rok). Robot danbo pun siap.
Cara Membuat Rumah dari Kardus Bekas Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus Rak Sepatu Gantung dari Kardus Bekas

3. Video Tutorial

Agak rumit bukan? Tentu rumit jika hanya dibaca. Namun bila kamu praktekan langsung kamu pasti akan langsung mengerti karena polanya sudah tersedia dan tinggal langsung dilem saja. Sebagai pelengkap untuk kamu yang masih bingung, kamu juga bisa menonton video tutorial cara membuat robot danbo dari kardus pada sematan berikut.



Nah, demikian tutorial singkat yang dapat saya tuliskan tentang bagaimana cara membuat robot sederhana dari kardus bekas lengkap beserta gambar step by step dan video panduannya. Semoga dapat menginspirasi dan khusus untuk kamu yang ingin mendapat ide segar lainnya tentang cara membuat kerajinan tangan dari kardus, kamu bisa mengunjungi link ini. Di link tersebut, ada banyak inspirasi yang akan membuat kamu lebih kreatif. Salam. var obj0=document.getElementById("aim18579432400890530718"); var obj1=document.getElementById("aim28579432400890530718"); var s=obj1.innerHTML; var r=s.search(/\x3C!-- adsense --\x3E/igm); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);} Semoga Bermanfaat

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar