Loading...

Kamis, 18 Januari 2018

Ini 16 Cara Membuat Rumah dari Kardus Bekas + Gambar Step by Step Lengkap

Selamat datang di Cepot Predator 2 Kardus bekas yang biasanya kita jual ke tukang rongsok atau kita buang begitu saja ke tempat sampah, ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku berbagai jenis kerajinan tangan yang unik. Salah satu bentuk kerajinan tangan dari kardus yang cukup mudah dibuat misalnya adalah miniatur rumah.

Miniatur rumah dari kardus adalah kerajinan tangan yang cukup sederhana. Kendati begitu, kerajinan ini nyatanya bisa digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya sebagai hiasan di kamar, mainan, untuk proyek tugas prakarya di sekolah, maupun untuk keperluan contoh produk pemasaran. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mencoba berkreasi menciptakan kerajinan tangan satu ini,  silakan simak panduan bagaimana cara membuat rumah dari kardus bekas yang akan saya sampaikan berikut.

Cara Membuat Rumah dari Kardus

Membuat miniatur rumah dari kardus sebetulnya  bisa kamu lakukan meski tanpa tutorial sekalipun. Hanya saja, untuk menghasilkan miniatur yang realistis atau seperti bentuk nyata, maka kamu perlu mempertimbangkan perbandingan antara ukuran dinding, atap, pintu, dan ornamen kelengkapan lainnya. Selain itu, pemilihan warna-warna pada elemen miniatur rumah yang kamu buat juga harus disesuaikan dengan tampilan rumah pada umumnya. Jika kedua hal tersebut dilakukan, maka hasil kerajinanmu nantinya minimal bisa menyerupai miniatur rumah pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Rumah dari Kardus

Nah, jika kamu ingin rumah kardus buatanmu bisa terlihat seperti rumah pada gambar di atas, kamu bisa mempraktekan cara membuat rumah tingkat dari kardus yang tutorial step by stepnya telah saya buat sebagaimana berikut.

1. Alat dan Bahan

Tahap pertama yang harus kamu lakukan untuk mencoba cara membuat rumah dari kardus bekas adalah menyiapkan beberapa peralatan dan bahan. Alat yang harus disiapkan yaitu gunting, penggaris, pensil, cutter, dan lem kertas. Sedangkan bahannya antara lain kardus bekas, kertas warna sesuai selera, stik es krim, stik bambu, dan aksesoris tambahan.

2. Cara Membuat

Setelah semua alat dan bahan siap, langkah berikutnya kamu tinggal mengukur beberapa elemen penting pada desain rumah kardus. Kamu bisa mengikuti ukuran-ukuran yang telah kami buat dalam cara membuat rumah kardus yang sudah dipraktekan sebelumnya. Ukuran-ukuran tersebut antara lain.

Cara Membuat Rumah dari Kardus dan Gambarnya

Pertama, untuk jendela buat potongan kertas putih berbentuk persegi dengan ukuran 3 cm x 3 cm. Jumlah jendela disesuaikan dengan keinginan, akan tetapi di tutorial kali ini kami membuat rumah dengan 5 buah jendela.
Kedua, untuk pintu buat potongan kertas putih berbentuk persegi panjang dengan
ukuran 4,5 cm x 3 cm sebanyak 1 buah.
Ketiga, untuk bagian atap depan dan belakang buat 2 buah potongan kardus dengan ukuran 13 cm x 24 cm.
Keempat, untuk bagian dinding samping, buat 2 buah potongan kardus berbentuk seperti gambar 4 dengan ukuran 13 cm x 12 cm, dengan runcingan setinggi 19 cm di bagian tengahnya.

Rumah dari Kardus

Kelima, untuk dinding bagian depan dan belakang buat 2 buah potongan kardus dengan ukuran 20 cm x 13 cm.
Keenam, untuk angin angin di bagian atap, buat potongan kardus dengan ukuran 4,5 cm x 6 cm, dan lancip di bagian tengah setinggi 6,5 cm. Perhatikan gambar!
Ketujuh, untuk bagian cerbong asap, buat potongan kardus berukuran 4,5 cm x 6 cm sebanyak 4 buah.
Kedelapan, untuk bagian alas (halaman rumah) buat potongan kardus berukuran 18 cm x 30 cm.

Rumah dari Kardus dan Cara Membuatnya

Kesembilan, sebagai pelengkap bagian angin-angin, buat pula potongan kardus berbentuk segitiga dengan ukuran tinggi 4,5 cm dan alas 4 cm.
Kesepuluh, bungkus semua potongan kardus yang telah dibuat menggunakan kertas warna sesuai selera. Pastikan agar hasilnya rapi.
Kesebelas, tempelkan bagian pintu dan jendela pada bagian dinding depan.
Keduabelas, tambahkan aksesoris berupa bingkai pada pintu dan jendela yang sudah dipasang.

Cara Membuat Rumah dari Kardus

Ketigabelas, rangkai dinding-dinding kardus dengan lem tembak.
Keempatbelas, begitupun dengan bagian atapnya.
Kelimabelas, tambahkan stik es krim atau potongan kayu di bagian alas rumah.
Keenambelas, tambahkan pula stik bambu sebagai pagarnya. Selanjutnya silakan berkreasi sesuai dengan keinginan.
Cara Membuat Bingkai dari Kardus Cara Membuat Mainan dari Kardus Bekas Celengan Unik dari Kardus

3. Video Tutorial

Setelah menerapkan langkah-langkah di atas dan menyesuaikan dengan imajinasimu, maka kamu akan memperoleh sebuah rumah kardus yang cantik untuk prakarya kerajinan tanganmu. Bila masih bingung dengan tahapan-tahapan di atas, kamu juga bisa menonton tutorial cara membuat rumah dari kardus dalam bentuk video sebagaimana telah kami sisipkan berikut ini.

Nah, demikian panduan yang dapat saya sampaikan tentang bagaimana cara membuat rumah dari kardus bekas lengkap dengan tutorial step by step dan videonya. Semoga bisa bermanfaat dan khusus untuk kamu yang ingin mendapat ide segar lainnya tentang cara membuat kerajinan tangan dari kardus, kamu bisa mengunjungi link ini. Di link tersebut, ada banyak inspirasi yang akan membuat kamu lebih kreatif. Salam. var obj0=document.getElementById("aim15375329923877298518"); var obj1=document.getElementById("aim25375329923877298518"); var s=obj1.innerHTML; var r=s.search(/\x3C!-- adsense --\x3E/igm); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);} Semoga Bermanfaat

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar