Loading...

Selasa, 16 Januari 2018

Ini 17 Ide Kerajinan Tangan dari Kaleng Bekas, Gambar, dan Cara Membuatnya Lengkap

Selamat datang di Cepot Predator 2 Kerajinan dari Kaleng Bekas - Tahukah kamu, berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah kaleng logam yang biasa kamu buang ke tempat sampah, agar dapat terurai menjadi tanah? Yaps. Limbah anorganik ini memang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terdekomposisi sempurna, yakni setelah jangka waktu 100 sd 200 tahun. Jangka waktu selama itu tentu akan membuat sampah ini terus menumpuk dan menjadi sumber pencernaan tanah. Apalagi jumlah penggunaannya yang terus bertambah, pastilah akan menyebabkan kelestarian lingkungan kita menjadi kian terancam.

Untuk mengatasi hal ini, diperlukan kesadaran dari setiap individu agar tidak membuang kaleng logam secara sembarangan. Dengan membuangnya ke tempat sampah, kaleng-kaleng tersebut dapat dipilah dan kembali didaur ulang menjadi kaleng kemasan baru. Atau jika mungkin ada waktu luang, kamu juga bisa mengolah mereka menjadi barang kerajinan tangan. Beberapa kerajinan dari kaleng bekas bisa kamu buat untuk mengasah kreativitasmu. Bila berbakat, kamu bahkan bisa menjadikan kreativitasmu dalam mengolah barang bekas ini sebagai pekerjaan atau sumber penghasilan.

Kerajinan dari Kaleng Bekas

Berikut di artikel kali ini kita akan membahas contoh-contoh kerajinan tangan alias prakarya dari kaleng bekas yang sebelumnya mungkin belum pernah kamu lihat. Beberapa di antaranya merupakan  kerajinan tangan kelas dunia yang untuk membuatnya diperlukan ketelitian dan ketelatenan. Nah, yuk langsung saja kita simak bagaimana cara membuat kerajinan dari kaleng bekas beserta gambarnya berikut ini!

Kerajinan dari Kaleng Bekas

1. Replika Kamera

Kerajinan kaleng bekas yang pertama ini menurut saya adalah kerajinan yang luar biasa keren. Bagaimana mungkin sebuah kaleng soda bekas coca cola dapat diubah menjadi sebuah replika kamera pocket yang menakjubkan. Meski tidak dapat berfungsi seperti kamera betulan, tapi tetap saja bentuk dan detailnya memaksa kita untuk berkata “waw!”.

Kerajinan dari Kaleng Bekas

Seperti dapat dilihat pada gambar di atas, susunan body kamera ini dibuat dengan badan kaleng, sedangkan talinya dirangkai dari tutup kaleng. Cobalah untuk membuatnya dan jadikan ia sebagai hiasan dinding untuk dipamerkan ke kerabat dan temanmu.

2. Bunga Kaleng

Dibandingkan replika kamera, membuat kerajinan dari kaleng satu ini rasanya lebih mudah. Kamu tinggal menggunting kaleng-kaleng bekas minuman sodamu mengikuti pola kelopak dan mahkota bunga mawar, lalu menyusunnya satu persatu dengan lem tembak sehingga menyerupai bentuk bunga mawar sungguhan. Agar lebih menarik, kamu juga bisa mewarnai pola-pola kaleng tersebut dengan pilox.

kerajinan dari kaleng

3. Gelang

Gelang dari tutup kaleng soda ini mungkin akan membuatmu lebih percaya diri. Kamu hanya perlu merangkainya satu persatu menggunakan tali sepatu mengikuti pola anyaman sederhana. Nah, oleh karena itu, mulai sekarang jika membeli minuman soda kalengan, tutupnya jangan dibuang ya!

kaleng bekas

4. Kalung

Serupa dengan kerajinan gelang, kamu juga bisa membuat sebuah kalung cantik dengan bahan dan teknik yang sama. Kalung ini akan memberikan kesan bahwa kamu memiliki jiwa pecinta lingkungan. Jika kamu aktif di organisasi pecinta alam, kamu pasti sering melihat seseorang mengenakan kerajinan dari kaleng ini di lehernya.

kerajinan tangan dari kaleng bekas

5. Topi

Nah, kalau yang ini tentu untuk membuatnya kamu perlu banyak sekali tutup kaleng soda bekas. Diperlukan niat yang sungguh-sungguh meski kamu hanya ingin memiliki topi ini 1 buah saja. Rangkaian yang disusun membulat sedemikian rupa akan membuat kamu nyaman meski bergelut di teriknya siang. Hehe!

kerajinan dari kaleng susu

6. Vas dan Pot Bunga

Khusus bagi pecinta tanaman, kamu bisa memanfaatkan kaleng susu atau kaleng bekas biskuit sebagai bahan membuat vas atau pot bunga. Agar lebih menarik, berikan hiasan berupa cat warna-warni dan jangan lupa lubangi bagian bawahnya untuk tempat keluarnya air.

kerajinan kaleng bekas

7. Lampu Bayang

Menakjubkan! Satu kata yang mungkin sangat tepat untuk menggambarkan betapa detailnya karya kerajinan dari kaleng soda bekas satu ini. Betapa tidak! Diperlukan ketelitian dan ketelatenan tingkat tinggi bila kamu ingin mencoba membuatnya. Untuk hasil seperti yang terlihat pada gambar, saya berikan predikat “Master” bila kamu berhasil menciptakan yang sama.

kerajinan tangan dari kaleng

8. Kap Lampu

Kembali lagi ke tutup botol kaleng soda. Yaks dan masih menggunakan teknik sederhana. Kerajinan dari kaleng satu ini akan sangat menarik bila dipajang di ruang tamu. Kamu bisa memasangnya sebagai kap untuk lampu gantung, maupun untuk lampu meja.

cara membuat kerajinan dari kaleng bekas

9. Lampu Minyak Darurat

Jika kebetulan di rumahmu ada pemadaman listrik dan persediaan lilin di rumahmu habis, kamu bisa memanfaatkan kaleng bekas bear brand untuk membuat lampu minyak darurat. Kamu cukup menyediakan kapas sebagai sumbu dan minyak goreng untuk bahan bakarnya. Jadilah terang seisi rumah!

kerajinan tangan dari kaleng bekas coca cola

10. Tempat Lilin

Andai kata lilin masih ada, kamu bisa memanfaatkan kaleng bekas tadi sebagai tempat lilin yang unik. Tapi buatnya besok saja ya! Masak gelap-gelap mau mainan pisau! Ehhehe.

cara membuat kerajinan tangan dari kaleng bekas minuman

11. Tempat Pensil dari Kaleng Bekas

Kamu juga bisa membuat kerajinan dari kaleng bekas dalam bentuk tempat pensil. Cukup buka sisi kaleng bagian tas dan berikan ornamen seperti cat atau lilitan tali rajut agar lebih menarik dan enak dilihat. Cara membuat tempat pensil dari kaleng bekas bisa dibilang paling mudah dibandingkan kerajinan kaleng lainnya

cara membuat tempat pensil dari kaleng bekas

12. Celengan

Supaya terbiasa hidup hemat, berikan adikmu sebuah celengan untuk ia isi setiap hari dengan sisa uang jajannya. Buatkan saja celengan dari kaleng bekas bila kamu malas untuk membeli. Celengan dari kaleng bekas, selain bisa membuat gemar menabung, juga akan membuat adikmu terbiasa mencintai lingkungannya.

kerajinan tangan dari kaleng bekas softdrink

13. Tempat Sendok

Sendok di meja makan acak-acakan? Buat saja tempatnya dari kaleng susu bekas. Agar lebih kuat dan menarik, buatlah seperti yang ada di gambar.

kerajinan dari kaleng susu

14. Miniatur Motor Mainan

Kerajinan tangan dari kaleng bekas yang berupa replika vespa seperti pada gambar di bawah ini tentu sangat unik bukan? Kamu bisa menjadikannya sebagai pajangan di kamar atau ruang tamu rumahmu. Bila hasilnya sekeren ini, kamu tentu bisa juga menjualnya. Jangan salah! Barang kerajinan serupa sudah banyak ditawarkan di ecommerce seperti Bukalapak, Tokopedia, bahkan sekelas Alibaba.

kerajinan dari kaleng pocari sweat

15. Mobil

Selain dibuat menjadi miniatur motor, kamupun bisa membuat mobil antik dari kaleng bekas dengan teknik yang sama. Diperlukan latihan agar hasil kerajinanmu bisa benar-benar mirip dengan mobil aslinya.

miniatur dari kaleng

16. Asbak

Asbak dari kaca memang mudah pecah. Daripada harus membeli lagi, mengapa tak mencoba membuat asbak sendiri dari kaleng bekas. Asbak dari kaleng dijamin tidak akan pecah sekeras apapun kamu membantingnya. Beragam desain bisa dipilih. Tergantung mana yang kamu suka!

cara membuat mainan dari kaleng bekas

17. Hiasan Dinding

Kerajinan dari kaleng susu bekas yang tak kalah menarik untuk kamu buat adalah hiasan dinding berbentuk kupu-kupu dalam figura. Hiasan ini sangat mudah dibuat. Kamu cukup menggunting lempengan kaleng mengikuti bentuk pola kupu-kupu. Agar lebih menarik, kamu bisa melakukan kombinasi terhadap ukuran dan warna dari kupu-kupu yang kamu buat.

hiasan dinding dari kaleng bekas

Nah, itulah beberapa kerajinan tangan dari kaleng bekas yang mungkin bisa menginspirasi. Silakan pilih mana yang paling menarik dan cobalah untuk membuatnya. Semoga hasilnya bisa seperti yang diinginkan. Salam! var obj0=document.getElementById("aim12540636049123197494"); var obj1=document.getElementById("aim22540636049123197494"); var s=obj1.innerHTML; var r=s.search(/\x3C!-- adsense --\x3E/igm); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);} Semoga Bermanfaat

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar