Loading...

Jumat, 19 Januari 2018

Ini 12 Kerajinan dari Tutup Botol yang Unik dan Bermanfaat! No 4 Amazing! Lengkap

Selamat datang di Cepot Predator 2 Siapa sangka, bila tutup botol bekas yang biasanya berserakan dan menjadi sampah jalanan, ternyata bisa diubah menjadi beberapa kerajinan tangan yang unik. Yaps. Di tangan orang-orang yang inovatif, setiap barang bekas memang memiliki nilai seninya tersendiri apabila diolah dengan ide-ide cerdas dan kreatif, termasuk juga barang bekas berupa tutup botol ini.

Kerajinan dari tutup botol sendiri ada banyak ragamnya, mulai dari kerajinan yang bermanfaat sebagai hiasan, hingga kerajinan yang dapat digunakan untuk fungsi khusus. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas beberapa contoh kreasi kerajinan tangan dari tutup botol tersebut lengkap beserta gambarnya!

Kerajinan dari Tutup Botol

Berdasarkan karakteristik bahannya, limbah tutup botol sendiri ada 2 macam, yaitu tutup botol bermaterial plastik dan tutup botol bermaterial logam. Kedua jenis material tutup botol ini memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu penggunaannya untuk dijadikan kerajinan tangan juga bisa berbeda, sehingga bila kamu mau membuat salah satu dari beberapa jenis kerajinan dari tutup botol di bawah ini, kamu tentu juga harus menyesuaikannya dengan jenis tutup botol yang kamu akan gunakan.

Kerajinan dari Tutup Botol

1. Jam dinding

Contoh kerajinan dari tutup botol yang pertama adalah jam dinding unik. Kamu bisa menggunakan tutup botol bekas sebagai pengganti angka-angka pada jam dindingmu. Akan tetapi, untuk memasangnya, kamu harus memastikan sudut dan jarang setiap tutup botol bisa benar-benar tepat agar jam ini bisa menunjukan waktu dengan benar. Gambar di atas adalah gambar dari kerajinan sederhana ini.

2. Media belajar anak

Jika kamu punya adik yang masih belum bisa membaca, kamu juga bisa menggunakan tutup botol sebagai bahan pembuatan media pembelajaran huruf dan angka. Tempelkan stiker alfabet dan penomoran agar ia dapat menyusun dan mengeja namanya sendiri. Tapi ingat, pastikan agar jenis tutup botol yang kamu gunakan adalah tutup botol plastik yang tidak memiliki sisi tajam.

Kerajinan dari Tutup Botol

3. Karakter lucu

Selain dapat digunakan sebagai media pengenalan huruf dan angka, tutup botol bekas juga bisa digunakan sebagai media kreasi berbagai karakter lucu. Kamu tinggal melakukan pengecatan dan menambahkan beberapa ornamen agar karakter yang kamu buat bisa benar-benar mirip dengan aslinya.

Kerajinan dari Tutup Botol

4. Bingkai cermin

Cermin yang terpajang di dinding akan lebih atraktif jika bingkainya dihiasi dengan tutup botol bekas yang disusun dengan rapi. Tak percaya? Coba lihat gambar di bawah ini. Kamu bisa mengikuti susunan tutup botol seperti susunan pada gambar atau bisa berkreasi sesuai dengan bentuk cermin di rumahmu.

Kerajinan dari Tutup Botol

5. Bunga dari tutup botol

Jika ingin menciptakan kerajinan tangan yang sederhana, kamu bisa coba membuat kerajinan bunga dari tutup botol ini. Kamu hanya butuh kawat ram dan beberapa tutup botol dengan ukuran dan warna yang berbeda. Setelah itu susun dan kaitkan satu sama lain dengan kawat ram seperti bentuk bunga pada umumnya.

Kerajinan dari Tutup Botol

6. Gantungan angin

Nah, kerajinan dari tutup botol ini pasti berguna untuk mempercantik ruang plafon di teras rumah mu. Selain itu, ia juga bisa membuat kamu tahu kemana arah angin berhembus setiap harinya. Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu mengaitkan tutup botol satu sama lain dengan senar atau benang rajut.

Kerajinan dari Tutup Botol

7. Gantungan kunci

Tutup botol bisa kamu susun menjadi gantungan kunci dengan bentuk karakter-karakter lucu. Misalnya saja karakter manusia salju seperti yang dibuat pada contoh gambar di bawah ini.

Kerajinan dari Tutup Botol

8. Hiasan dinding

Setiap tutup botol pasti memiliki desain dan warna yang berbeda. Hal ini bisa membuatnya dapat tampil cantik apabila disusun menjadi mozaik unik. Contohnya seperti hiasan dinding dengan motif khas suku Dayak Kalimantan Timur pada gambar di bawah ini.

Kerajinan dari Tutup Botol

9. Hiasan meja kaca

Susunan mozaik tutup botol juga bisa digunakan untuk mengisi ruang kosong di bawah meja kaca. Ini bisa membuat meja kaca di ruang tamu rumahmu menjadi lebih atraktif dari sebelumnya.

Kerajinan dari Tutup Botol
Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas
Cara Membuat Lampu Hias dari Botol Bekas
Vas Bunga dari Botol Bekas

10. Papan nama

Kerajinan dari tutup botol selanjutnya yang pasti tak kalah unik adalah papan nama besar seperti pada gambar. Kerajinan ini sangat mudah dibuat. Kamu tinggal menempelkan tutup botol yang kamu miliki mengikuti pola huruf yang sudah dibuat.

Kerajinan dari Tutup Botol

11. Kalender magnetik

Kalender magnetik dari tutup botol logam bisa ditempelkan di lemari es rumahmu. Kamu tinggal menyiapkan beberapa magnet kecil dan menuliskan beberapa keterangan kalender seperti hari, tanggal, bulan dan tahun seperti pada gambar di bawah ini!

Kerajinan dari Tutup Botol

12. Tirai cantik

Tirai cantik warna warni adalah pungkasan dari daftar kerajinan dari tutup botol pada artikel ini. Kerajinan tangan yang satu ini dibuat dengan cara yang hampir serupa dengan proses pembuatan gantungan angin. Kamu bisa memilih perpaduan warna-warna yang cerah untuk memperoleh tirai yang cantik.

Kerajinan dari Tutup Botol

Nah, itulah daftar 12 kerajinan dari tutup botol yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk proyek prakaryamu dalam memanfaatkan barang-barang bekas di rumah. Semoga bisa bermanfaat dan menjadikanmu lebih kreatif dari sebelumnya. Salam! var obj0=document.getElementById("aim17012500526104679460"); var obj1=document.getElementById("aim27012500526104679460"); var s=obj1.innerHTML; var r=s.search(/\x3C!-- adsense --\x3E/igm); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);} Semoga Bermanfaat

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar