Loading...

Kamis, 18 Januari 2018

Ini 12 Ide Kerajinan Tangan dari Kulit Jagung dan Cara Membuatnya Lengkap

Selamat datang di Cepot Predator 2 Kerajinan dari Kulit Jagung - Limbah kulit jagung selama ini dianggap tidak memiliki banyak manfaat. Paling banter, ia dijadikan sebagai bahan pembuatan kompos, dan selebihnya hanya dibuang begitu saja atau bahkan dibakar. Padahal, jika dilihat dari sifat dan teksturnya, limbah kulit jagung merupakan bahan unggul sebagai bahan pembuatan beragam kerajinan tangan.

Apa sajakah kerajinan tangan yang bisa dibuat dari bahan kulit jagung? Bagaimana gambar dan cara membuat kerajinan-kerajinan tersebut?

Kerajinan dari Kulit Jagung dan Gambarnya

Kerajinan dari kulit jagung sendiri ada banyak ragamnya. Mulai dari kerajinan yang berfungsi sebagai hiasan seperti bunga tiruan, boneka, vas, atau lampion, hingga yang memiliki nilai guna untuk keperluan kita sehari-hari, seperti tas, topi, sandal, hingga keset. Berikut ini kami telah merangkum beberapa jenis kerajinan tangan dari kulit jagung tersebut, lengkap beserta gambar dan panduan cara membuatnya. Silakan disimak!

Kerajinan dari Kulit Jagung

1. Bunga tulip dari kulit jagung

Bunga tulip adalah bunga khas Eropa yang dikenal memiliki keindahan menawan dan harga yang mahal. Bila untuk menemukan bunga jenis ini di Indonesia adalah hal yang sedikit mustahil, maka tak ada salahnya Anda memanfaatkan limbah kulit jagung untuk membuat tiruannya.

Cara membuat bunga tulip dari kulit jagung

Cara membuat bunga tulip dari kulit jagung terbilang cukup mudah. Kami telah membuatkan tutorialnya di artikel ini.

2. Bunga sepatu

Selain dapat dibuat menjadi bunga tulip, limbah kulit jagung juga dapat diubah menjadi bunga sepatu imitasi. Belakangan, kerajinan dari kulit jagung ini cukup banyak diminati karena bentuknya bisa dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Kamu juga bisa membuatnya dengan mempelajari tutorialnya di artikel ini.

Cara membuat bunga dari kulit jagung

3. Bunga mawar

Jika kerajinan bunga mawar imitasi biasanya dibuat dari pita satin, kertas origami, atau kain flanel, sekarang Anda juga bisa membuatnya dari limbah kulit jagung. Pewarnaannya yang mudah dan tahan lama membuat kerajinan bunga mawar dari kulit jagung bisa banyak disukai. Tertarik untuk membuat dan menjadikannya sebagai hiasan di rumah? Pelajari tutorialnya pada artikel ini.

bunga dari kulit jagung

4. Bunga anggrek

Banyak yang menyukai bunga anggrek dan menjadikannya sebagai koleksi tanaman di taman rumah. Bila Anda juga penyuka anggrek, cobalah juga untuk membuat imitasinya dari kulit jagung sebagai hiasan di ruang tamu. Membuat kerajinan tangan satu ini tidaklah sulit. Bahan-bahanya pun sangat mudah didapat. Untuk mempelajari bagaimana membuat anggrek dari kulit jagung seperti pada gambar di bawah, kamu bisa membaca tutorialnya di artikel ini.

bunga dari kulit jagung

5. Vas bunga

Semua bunga yang dibuat dari kulit jagung, akan lebih menarik bila dirangkai dalam sebuah vas dari kulit jagung pula. Hal ini agar kesan alami semakin tampak dari hiasan yang Anda pajang. Vas bunga dari kulit jagung seperti yang ada di gambar hanya membutuhkan kaleng bekas atau botol selai bekas sebagai bahan pelengkapnya.

Vas bunga dari kulit jagung

6. Boneka dari kulit jagung

Kerajinan tangan dari kulit jagung tidak hanya berupa hiasan bunga. Jika kreatif, Anda juga bisa membuat boneka dari limbah ini. Yaps. boneka kulit jagung bisa diberikan sebagai hadiah murah meriah untuk anak perempuan Anda. Cara membuatnya sangat mudah, pelajari saja tutorialnya di link ini.

cara membuat boneka dari kulit jagung

7. Tas

Masyarakat negara-negara maju dan modern, biasanya sangat menghargai segala hal yang terkait dengan upaya pelestarian alam. Tak heran bila produk yang dihasilkan dari barang bekas menjadi sangat digemari dan laris di pasaran. Bahkan tas yang terbuat dari kulit jagung saja ramai dibeli dan sudah dijajakan di e-commerce sekelas Alibaba dan Aliexpress. Nah, daripada harus membeli tentu akan lebih baik kita membuat kerajinan dari kulit jagung ini sendiri bukan?

Kerajinan Tas dari kulit jagung

8. Sandal

Sandal dari kulit jagung juga sudah dijajakan di beberapa e-commerce internasional. Bila Anda bisa membuatnya dengan hasil serapi pada gambar, saya yakin Anda bisa menjadi pengusaha kerajinan dengan omset yang besar. Bukan cerita bohong! Sudah banyak orang yang berhasil dalam usaha di industri kreatif semacam ini.

Kerajinan sandal dari kulit jagung

9. Topi dari kulit jagung

Kerajinan tangan dari kulit jagung sudah banyak dijajakan di sekitar objek wisata pantai di Bali. Keunikannya dan nilai pelestarian lingkungan yang dimiliki produk ini membuatnya banyak diburu para wisatawan asing. Nah, bila kebetulan rumah Anda berdekatan dengan objek wisata pantai, bisa saja kerajinan ini menjadi peluang usaha dan sumber penghasilan tambahan untuk Anda.

Kerajinan topi dari kulit jagung

10. Keset

Keset dari kulit jagung sudah banyak digunakan sebagai properti hotel-hotel berbintang. Kerajinan ini sebetulnya mudah dibuat, hanya saja Anda harus telaten saat menganyam lembar demi lembar limbah pertanian ini. Namun, bila dicek di e-commerce Alibaba.com, satu buah keset dari kulit jagung nyatanya dibandrol dengan harga hampir USD 20 atau sekitar IDR 260.000. Cukup menggiurkan bukan?

Kerajinan keset dari kulit jagung

11. Lampion

Pesta pernikahan berkonsep nuansa alam tak akan lengkap bila tidak dihiasi dengan lentera atau lampion berbalut kulit jagung. Coba lihat gambar di bawah ini. Sangat sederhana tapi memiliki kesan yang mendalam.

Kerajinan lampion dari kulit jagung

12. Miniatur buah

Hiasan berupa buah labu, apel, pisang, dan berbagai jenis buah lainnya juga bisa dibuat menggunakan limbah kulit jagung. Anda harus memiliki template atau pola untuk menghasilkan kerajinan tangan satu ini. Tapi tenang, kami telah menyediakannya untuk Anda di link ini.

Kerajinan miniatur dari kulit jagung

Nah, itulah 12 kerajinan tangan dari kulit jagung beserta gambar dan cara membuatnya. Sangat menarik bukan? Kerajinan-kerajinan ini bukan hanya mudah dibuat dan bisa mengisi kejenuhan dan waktu luang saja, bila Anda mampu menggali potensi yang ada, ia juga dapat menjadi sumber penghasilan baru. Semoga bermanfaat! var obj0=document.getElementById("aim12229250200186082975"); var obj1=document.getElementById("aim22229250200186082975"); var s=obj1.innerHTML; var r=s.search(/\x3C!-- adsense --\x3E/igm); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);} Semoga Bermanfaat

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar