Loading...

Jumat, 19 Januari 2018

Ini 16 Kerajinan Tangan dari Botol Bekas serta Gambar + Cara Pembuatannya Lengkap

Selamat datang di Cepot Predator 2 Kerajinan Tangan dari Botol Bekas - Botol bekas termasuk jenis limbah anorganik yang dewasa ini semakin banyak ditemukan di sekitar lingkungan kita. Karena sifatnya yang sangat sulit terurai, dimana botol plastik membutuhkan 50 sd 80 tahun dan botol kaca 1 juta tahun untuk menjadi tanah, belakangan limbah ini menjadi sebab utama terus menurunnya kualitas tanah, terutama di wilayah perkotaan. Jika keadaan ini dibiarkan terus menerus, keseimbangan ekosistem cepat atau lambat pasti akan berada di titik nadir. Nah, oleh karena itu, diperlukan keseriusan semua pihak untuk ikut andil dalam mengatasi isu lingkungan ini, misalnya dengan kembali menggunakan botol-botol bekas untuk membuat kerajinan tangan unik yang punya nilai guna.

Ada banyak jenis kerajinan tangan dari botol bekas yang bisa kita buat dengan mudah di rumah. Selain untuk membantu mengatasi isu lingkungan hidup yang kualitasnya terus menurun, dengan membuat kerajinan-kerajinan ini kita juga bisa menjadi lebih kreatif dan terinspirasi. Bahkan, bila hasil kerajinan yang kita buat memiliki keunikan tersendiri, bukan tidak mungkin ini juga dapat menjadi sumber penghasilan untuk keluarga.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Pada artikel kali ini, kami telah merangkum sedikitnya 16 karya kerajinan tangan dari botol bekas beserta gambarnya. Beberapa karya tersebut telah kami lengkapi dengan panduan cara membuatnya, namun ada pula yang masih berupa gambar tanpa tutorial.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Terlepas dari itu, kami yakin dengan hanya melihat gambarnya saja, kamu pasti bisa berimajinasi untuk membuat karya kerajinan yang serupa. Silakan disimak!

1. Lampion

Ini adalah jenis kerajinan dari botol kaca bekas yang bisa kamu buat dengan mudah menggunakan beberapa peralatan sederhana. Bila kamu ingin memiliki kamar atau ruangan dengan nuansa hangat, tak ada salahnya kamu berkreasi menciptakan lampion dari botol ini. Kamu cukup menyediakan 1 buah botol kaca, kap lampu, kabel, piting, dan lampu bohlam, lalu mempelajari cara membuatnya di artikel ini.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas beserta Gambar

2. Pot Bunga

Jika kebetulan kamu adalah penyuka tanaman, maka jenis kerajinan tangan dari botol bekas satu ini pasti akan sangat menarik untukmu. Pot bunga yang biasa dijajakan pasti memiliki desain yang monoton. Berbeda halnya bila kamu membuatnya sendiri dengan botol bekas soda atau aqua yang biasanya kamu buang. Kamu bisa belajar membuat pot bunga ini dengan mempraktekan langkah-langkahnya pada link ini.

pot bunga dari botol bekas

3. Bunga dari Botol

Kerajinan dari barang bekas botol aqua atau soda berupa bunga plastik ini sudah banyak yang menuliskan tutorialnya di internet. Bahkan, anak-anak TK dan SD pun tak sedikit yang mempraktekannya dalam pelajaran di sekolah. Nah, kamu bisa mengajari adik-adikmu membuat bunga dari botol bekas ini dengan hasil yang lebih memuaskan dengan terlebih dahulu membaca panduan cara membuatnya di link ini.

cara membuat bunga dari botol bekas

4. Tempat Pensil

Pensil, crayon, pulpen dan alat tulis lainnya yang dimasukan langsung ke dalam tas akan membuat banyak bekas noda di bagian dalam tas. Hal ini tentu menjadikan tas lebih cepat kumuh dan kotor. Oleh karena itu, buatlah tempat pensil khusus untuk menyimpan alat-alat tulis itu sebelum dimasukan ke dalam tas. Tempat pensil dari botol bekas bisa menjadi solusi bila kamu tak ingin repot mengeluarkan uang. Meski terbuat dari barang bekas, kerajinan dari botol ini tetap terlihat menarik bukan? Pelajari cara membuatnya di link ini!

tempat pensil dari botol bekas

5. Celengan

Mengajari anak untuk belajar hidup hemat dengan menabung akan membiasakan mereka dalam mengatur keuangannya sejak dini. Hal ini sangat baik dilakukan agar ia tumbuh menjadi pribadi yang teliti. Berikan sebuah celengan dan anjurkan ia agar menyisihkan uang jajannya setiap hari. Celengan bisa kamu buat dengan memanfaatkan botol bekas aqua atau soda dan membentuknya menjadi sebuah karakter babi. Jika ingin bentuk celengan seperti pada gambar di bawah ini, kamu bisa mempelajari cara membuatnya di link ini.

celengan dari botol bekas

6. Lampu Hias

Mendekorasi ruangan tidak selalu harus membutuhkan biaya yang besar. Kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang tidak terpakai untuk dijadikan bahan kerajinan dekorasi, misalnya saja kerajinan dari botol bekas berupa lampu hias berbentuk nanas seperti pada gambar di bawah ini. Tertarik untuk mencoba membuatnya, simak panduan step by step dan gambarnya di link ini.

cara membuat lampu hias dari botol bekas

7. Vas Bunga

Selain lampu hias, dekorasi ruangan dari botol bekas juga dapat berupa vas bunga cantik. Vas bunga dari botol bekas seperti pada gambar di bawah sangat mudah dibuat. Kamu hanya memerlukan sebuah botol kaca berukuran besar, tali rajut, lem, dan aksesoris pernik tambahan. Kemudian praktekan tutorial cara membuatnya seperti yang telah kami tuliskan di artikel ini.

vas bunga dari botol bekas

8. Dompet Koin

Kerajinan dari botol bekas yang satu ini sangat mudah dibuat dan pasti akan sangat bermanfaat untuk anak-anak. Mereka dapat menyimpan uang jajannya dengan aman dalam dompet koin tanpa khawatir koin-koinnya tercecer jatuh berserakan. Untuk membuat kerajinan ini, kamu hanya membutuhkan 2 buah botol soda bekas, sebuah resleting, dan lem tembak. Rangkai bahan tersebut sehingga menyerupa gambar di bawah ini.

kerajinan dari botol bekas - Dompet Koin

9. Kotak Pensil

Bila pada poin nomor 4 kita belajar tentang cara membuat tempat pensil dari botol bekas, pada poin 9 ini kita akan belajar membuat kotak pensil. Apa bedanya tempat pensil dan kotak pensil? Bedanya, tempat pensil lebih digunakan untuk menyimpan pensil di dalam tas, sedangkan kotak pensil digunakan untuk meletakan pensil di atas meja kerja. Coba lihat gambar di bawah ini, kamu pasti bisa membuat kerajinan tersebut meski tanpa membaca tutorialnya. Oh ya, kerajinan ini bisa juga digunakan sebagai tempat meletakan sikat gigi lho!

kerajinan dari barang bekas botol aqua

10. Boneka Sumo

Botol bekas juga bisa dibuat menjadi kerajinan boneka berbagai karakter. Contohnya karakter pesumo seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Lebih dari itu, kamu pun bisa berkreasi membuat karakter-karakter lain, misalnya karakter kartun, hewan, ataupun tokoh superhero menggunakan botol bekas aqua atau soda. Karakter-karakter tersebut bisa menjadi pajangan unik di atas meja atau lemari kamarmu.

cara membuat kerajinan dari botol bekas

11. Sapu

Nah, kerajinan tangan dari botol bekas ini tentu akan sangat berguna buat kamu yang suka kebersihan. Bila kebetulan tidak ada sapu lidi di rumah, kamu bisa membuat kerajinan ini sebagai alternatif untuk menyapu halaman. Cara membuatnya sangat mudah sekali. Meskipun tidak begitu memiliki nilai seni, namun ia punya nilai guna yang tinggi.

kreasi dari botol bekas sapu

12. Kursi Busa

Siapa sangka, bila botol bekas soda ternyata juga bisa diubah menjadi kursi busa yang cantik. Kerajinan tangan dari botol bekas ini pasti akan sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin berhemat. Daripada membeli sofa mahal, tentu akan lebih baik menggunakan barang bekas ini bukan?

kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya

13. Wadah Jarum dan Bros

Untuk kamu yang sering bingung meletakan bros dan jarum pentul setelah menggunakan jilbab, ada baiknya kamu mencoba berkreasi membuat kerajinan dari botol sprite yang satu ini. Yaps! Sederhana dan mudah dibuat, tapi akan sangat bermanfaat.

cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas - bros

14. Tirai

Dekorasi ruangan menggunakan barang bekas juga bisa dilakukan dengan mengubah botol soda bekas menjadi tirai cantik berbentuk bunga. Tentu dengan melihat gambarnya saja, kamu pasti bisa berimajinasi dalam menentukan langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk membuatnya.

cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas beserta gambarnya - tirai

15. Mainan Anak

Beragam mainan dari botol bekas bisa kamu buat sebagai hadiah untuk si kecil, misalnya saja kerajinan pesawat miniatur dari botol bekas yakult, mobil-mobilan berdinamo dari aqua, atau karakter lucu dari botol wipol.

Kerajinan Tangan berupa mainan dari Botol Yakult Bekas

16. Pemanen Buah

Yang tak kalah bermanfaat dari botol bekas adalah jika kamu mengubahnya menjadi alat pemanen buah. Dengan alat ini, buah yang kamu panen nyaris tidak akan pernah jatuh ke tanah. Meski sederhana, alat ini pasti akan sangat bermanfaat!

16 Kerajinan Tangan dari Botol Bekas beserta Gambar + Cara Pembuatannya

Nah, itulah daftar kerajinan tangan dari botol bekas beserta gambar dan tutorial cara membuatnya. Bila ditekuni, kerajinan-kerajinan ini mungkin bisa menghasilkan uang, terlebih bila hasil karya buatanmu memiliki tampilan dan fungsi yang nyata. Silakan dicoba, selamat berkreasi membuat kerajinan tangan dari barang bekas, dan jangan lupa share artikel ini bila bermanfaat! Salam! var obj0=document.getElementById("aim12309918168062891421"); var obj1=document.getElementById("aim22309918168062891421"); var s=obj1.innerHTML; var r=s.search(/\x3C!-- adsense --\x3E/igm); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);} Semoga Bermanfaat

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar