Loading...

Rabu, 17 Januari 2018

Ini 20 Cara Membuat Celengan dari Kardus yang Mudah dan Unik + Gambar Lengkap

Selamat datang di Cepot Predator 2 Mengajari bagaimana cara hidup hemat kepada anak  memang harus dilakukan sedini mungkin, agar mereka benar-benar bisa terlatih dan terbiasa hidup dalam kesederhanaan. Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan misalnya dengan memberinya sebuah celengan. Dengan celengan, mereka akan terlatih untuk menabungkan uangnya jajannya yang berlebih.

Agar ketertarikan mereka untuk menabung semakin besar, kamu bisa membuatkannya sebuah celengan yang memiliki cara kerja yang unik. Tak perlu mahal mahal! Kamu bisa membuat celengan semacam ini hanya dengan memanfaatkan kertas kardus bekas. Lantas, bagaimana cara membuat celengan dari kardus bekas agar memiliki cara kerja yang bisa menarik minat anak untuk menabung? Berikut ini saya telah membuatkan panduannya step by step, khusus untuk kamu yang ingin mencoba!

Cara Membuat Celengan dari Kardus

Celengan dari kardus yang tutorialnya akan dibahas pada kesempatan ini adalah celengan berbentuk kotak. Meski bentuknya demikian, uang yang terdapat dalam celengan mungkin akan sulit untuk diambil kembali bila sewaktu-waktu si anak berubah pikiran. Nah, langsung saja kita praktekan bagaimana cara membuat celengan dari kardus step by step sebagaimana berikut:

Cara Membuat Celengan dari Kardus

1. Alat dan Bahan

Langkah pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan. Alat yang dibutuhkan untuk mempraktekan cara membuat celengan dari kardus di antaranya gunting, lem tembak, penggaris, dan cutter. Sedangkan bahannya yaitu kardus dan isolasi atau lakban.

2. Cara Membuat

Setelah semua alat dan bahan tersebut siap, selanjutnya kamu bisa langsung mempraktekan keduapuluh tahapan pembuatan celengan dari kardus sebagaimana dijabarkan berikut ini:

Cara Membuat Celengan dari Kardus

Pertama, siapkan 4 buah persegi kardus dengan cara memotong kardus sama besar.
Kedua, lem setiap sisi-sisinya menggunakan lem tembak agar melekat kuat.
Ketiga, pengeleman dilakukan agar potongan kardus membentuk kotak atau kubus. Perhatikan gambar 3.
Keempat, lalu kita buat lubang celengannya. Caranya siapkan selembar kardus memanjang dengan mengiris setengah lapisannya menjadi 4 bagian.

Cara Membuat Celengan dari Kardus

Kelima, lipat irisan tersebut sehingga mambuat kardus menjadi batangan memanjang.
Keenam, siapkan pula 2 buah kardus berbentuk persegi. Kardus pertama berukuran sama dengan sisi kubus dan memiliki lubang di tengahnya, sedangkan kardus kedua berukuran lebih kecil sehingga memungkinkan adanya celah untuk masuknya koin.
Ketujuh, susun batangan kardus sehingga bentuknya sama dengan gambar 7.
Kedelapan, lekatkan dua persegi kardus pada batangan kardus. Antara persegi yang kecil dan yang besar dilekatkan dengan lakban sehingga bisa membuka dan menutup.

Cara Membuat Celengan dari Kardus

Kesembilan, ketebalan kardus yang berfungsi sebagai lubang celengan diukur dan disesuaikan dengan kotak persegi.
Kesepuluh, buat penahan pada sisi bagian dalam kotak persegi.
Kesebelas, buat kembali potongan kardus untuk digunakan sebagai penutup bagian depan.
Keduabelas, pastikan lebar dan panjangnya sesuai.

Cara Membuat Celengan dari Kardus

Ketigabelas, sekarang kamu bisa mengetes apakah celengan dari kardus ini berfungsi dengan baik atau tidak dengan cara meletakan koin di atas lubang celengan dan mendorongnya ke dalam.
Keempatbelas, bila koin jatuh dengan sempurna ke dalam kotak, maka celenganmu berarti sudah sempurna.
Kelimabelas, agar lubang laci celengan rapi, tambahkan potongan kardus di bagian depan.
Keenambelas, lekatkan sisi kardus bagian depan.

Cara Membuat Celengan dari Kardus

Ketujuhbelas, lekatkan semuanya.
Kedelapanbelas, termasuk bagian atas.
Kesembilanbelas, tes kembali apakah celengan dari kardus ini berfungsi dengan baik.
Keduapuluh, jika berfungsi tanpa hambatan, berarti celenganmu sudah jadi dan siap digunakan.
Membuat Lemari dari Kardus Bekas Cara Membuat Tas dari Kardus Bekas Lampu Hias dari Kardus Bekas

3. Video Tutorial

Mudah sekali bukan? Silakan dipraktekan di rumah dan bila masih mengalami kesulitan, kamu bisa menonton tutorial cara membuat celengan dari kardus dalam bentuk video sebagaimana telah kami siapkan berikut ini.



Nah, itulah panduan tentang bagaimana cara membuat celengan dari kardus beserta gambar dan video tutorialnya step by step. Semoga kamu bisa mempraktekannya dengan mudah sehingga sebuah celengan unik akan bisa kamu hasilkan dan membuat si anak tersenyum kegirangan. Dan khusus untuk kamu yang tertarik membuat beragam kerajinan tangan dari kardus dalam bentuk lainnnya, kamu bisa menuju daftar isi blog ini. Di sana ada ribuan ide yang pasti bisa menjadi inspirasi untuk kamu. Salam! var obj0=document.getElementById("aim13977978301010827981"); var obj1=document.getElementById("aim23977978301010827981"); var s=obj1.innerHTML; var r=s.search(/\x3C!-- adsense --\x3E/igm); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);} Semoga Bermanfaat

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar