Loading...

Rabu, 17 Januari 2018

Ini 16 Cara Membuat Mainan dari Kardus + Gambar dan Video Tutorialnya Lengkap

Selamat datang di Cepot Predator 2 Mulai sekarang, jangan buang kardus bekas yang kamu peroleh setiap membeli barang. Karena, kardus-kardus itu nyatanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat berbagai mainan unik dan menarik. Dari pada membeli mainan untuk anak dengan harga yang mahal, tentu akan lebih baik kamu membuat mainan sendiri bukan?

Ada banyak mainan yang bisa dibuat dari bahan kardus bekas. Kendati begitu, tampilan dan bentuk mainan yang nantinya dihasilkan sangat tergantung dari bagaimana imajinasi dan kreativitasmu bekerja. Nah daripada berlama-lama, berikut ini langsung saja kamu simak daftar mainan dari kardus bekas beserta gambarnya yang mungkin bisa menginspirasi kamu!

Cara Membuat Mainan Dari Kardus

Sedikitnya kami telah merangkum mainan yang bisa dibuat dari kardus. Beberapa di antaranya kami telah lengkapi dengan panduan cara membuatnya step by step dalam bentuk gambar dan video agar kamu bisa langsung mempraktekannya.



1. Miniatur Mobil

Kardus bekas juga bisa diubah menjadi mobil-mobilan sederhana dengan sedikit sentuhan kreativitas. Mainan satu ini tentu cocok bila diberikan ke keponakan atau anak laki-lakimu. Untuk membuat mainan dari kardus berbentuk mobil-mobilan ini, kamu bisa menonton video tutorialnya di link ini.

2. Boneka Danbo

Saat ini, kerajinan tangan berupa boneka danbo dari kardus bekas sedang populer di kalangan remaja. Bagi orang yang baru pertama melihat, mungkin akan terbayang bahwa membuat prakarya ini adalah sesuatu yang sulit. Namun, bila kamu sudah membaca panduannya di link ini, kamu pasti bisa menciptakan danbo pertamamu dengan sangat sempurna.



3. Miniatur Rumah

Mainan dari kardus yang satu ini sangat cocok diberikan ke anak perempuanmu. Selain bahan dan alatnya yang sederhana, cara membuatnya pun cukup mudah. Kamu bisa mempelajari bagaimana cara membuat mainan dari kardus yang satu ini pada artikel berikut : Cara Membuat Rumah dari Kardus.



4. Miniatur Pesawat

Selain dapat dibuat jadi miniatur mobil, kardus bekas juga dapat diubah menjadi kerajinan miniatur pesawat. Prakarya ini termasuk jenis kerajinan yang membutuhkan ketelitian tinggi. Agar desain yang dihasilkan detail dan realis, kamu pasti harus mencoba membuatnya berulang-ulang. Pelajari cara membuatnya di link ini.



5. Topeng Kardus

Anak-anak sangat senang saat bermain dengan topeng. Bila ada kardus bekas di rumah, buatkan ia sebuah topeng dengan desain menyerupai tokoh superhero kesukaannya. Niscaya, sekalipun ia sedang menangis tersedu, tangisannya pasti akan langsung terhenti setelah melihat topeng buatanmu. Jika tertarik mencobanya, tonton video tutorialnya di link ini.



6. Kamera dari Kardus

Kamera DSLR dari kardus saat ini juga cukup populer digunakan sebagai properti dalam photographi. Desainnya yang memadukan rasa teknologi tinggi dengan barang bekas membuat antitesa yang cukup unik untuk konsep pemotretan. Di Amazon dan beberapa E-commerce lainnya kerajinan ini dijual dengan harga mahal, namun bila kamu ingin mencoba membuatnya sendiri, kamu bisa mempelajari tutorialnya di link ini. Siapa tahu jika sudah terlatih, kerajinan ini bisa menjadi sumber penghasilan untuk kamu.



7. Karakter 2 Dimensi

Karakter hewan bongkar pasang yang tersusun pada bidang 2 dimensi bisa menjadi sebuah mainan edukatif yang merangsang kecerdasan motorik anak. Mainan dari kardus ini bisa kamu buat dengan menggunakan pola-pola khusus yang telah diposting pada blog Moonpicnic.



8. Cakrupan

Dalam bahasa Jawa, mainan ini dinamai cakrupan. Mungkin di istilah lain bisa juga disebut gigit-gigitan. Anak-anak pasti heran dengan lengan mainan ini yang bisa memanjang dan memendek. Kamu bisa berimajinasi untuk membuatnya dengan melihat gambar.



9. Miniatur Motor

Bagi kamu yang punya hobi otomotif, kamu juga bisa memanfaatkan kardus bekas untuk diubah menjadi miniatur motor gede yang bisa kamu pajang di kamar. Kendati begitu, untuk menghasilkan desain yang detail, kamu perlu berlatih dan berimajinasi dengan kreativitasmu secara berulang ulang. Untuk panduan cara membuatnya, kamu bisa menonton video di link ini.



10. Opera Kardus Bekas

Menceritakan sebuah dongeng sebelum tidur bisa membuat merangsang kecerdasan anak-anak di usia emasnya. Terlebih bila dongeng diceritakan dalam bentuk opera kardus. Anak pasti akan lebih mudah menangkap kisah yang diceritakan. Opera kardus dapat dibuat dengan sederhana. Dengan melihat gambar di bawah ini, kamu pasti bisa berimajinasi dan merancang opera kardusmu sendiri.



11. Akuarium Kardus

Sejenis dengan opera, mainan dari kardus yang satu ini juga merupakan kerajinan yang sederhana. Kamu bisa membuatnya sendiri, atau bila ingin melihat proses pembuatan yang sudah kami lakukan, kamu bisa menontonnya di link youtube ini.



12. Perahu Mainan

Cara membuat mainan dari kardus bekas yang satu ini sangat mudah sekali. Akan tetapi, karena dibuat dari bahan kertas, ia tidak bisa dimainkan di atas air. Cukup jadikan mainan ini sebagai pajangan saja. Jika desainnya detail, perahu mainan ini pasti akan menarik perhatian tamu yang datang. Pelajari cara membuatnya di link ini.




13. Miniatur Tank

Untuk anak laki-laki yang hobi main perang-perangan, mainan ini mungkin bisa menjadi favorit. Tank semacam ini mudah dibuat bila kamu sudah memiliki pola dan ukurannya. Selengkapnya tentang bagaimana cara membuatnya, kamu bisa menonton video di link ini.



14. Pistol Kardus

Kerajinan tangan dari kardus bekas yang satu ini terbilang kerajinan untuk mereka yang expert. Tapi, kamu juga bisa mempelajari proses pembuatannya di video ini. Coba berulang-ulang sehingga adik atau anak laki-lakimu akan terkagum-kagum dengan mainan baru yang kamu buat.



15. Senapan Laras Panjang

Selain pistol, laras panjang juga bisa dibuat dengan memanfaatkan kardus bekas. Jika kamu melihat hasil jadinya pada foto di bawah ini, kamu juga pasti akan terkagum-kagum dengan detailnya. Jika tertarik mencoba membuat sendiri, pelajari caranya di video ini.



16. Pengungkit Hidrolik dari Kardus

Khusus untuk kerajinan mainan dari kardus berikut ini, kamu membutuhkan sedikit pemahaman dalam bab hidrolika fisika. Proyek pembuatannya bisa digunakan sebagai terapan dari teori yang kamu pelajari di sekolah. Selengkapnya untuk belajar cara membuat mainan kardus ini, kamu bisa tonton tutorialnya di video ini.



Nah, itulah beberapa mainan yang dapat dibuat dari kardus bekas. Sangat menarik bukan? Kami yakin, kamu pasti ingin mempraktikan satu demi satu cara membuat mainan dari kardus bekas tersebut. Tapi sebelum itu, jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silakan like dan share untuk membagikan inspirasi ini ke teman-teman di facebookmu. Salam. var obj0=document.getElementById("aim14219934626590518350"); var obj1=document.getElementById("aim24219934626590518350"); var s=obj1.innerHTML; var r=s.search(/\x3C!-- adsense --\x3E/igm); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);} Semoga Bermanfaat

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar