Loading...

Senin, 22 Januari 2018

Ini Cara Membuat Rumah Dari Stik Es Krim yang Gampang beserta Gambarnya Lengkap

Selamat datang di Cepot Predator 2 Ada banyak barang bekas di sekitar lingkungan kita yang ternyata masih bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan beragam kerajinan tangan unik. Salah satu barang bekas tersebut misalnya stik es krim bekas. Yapz. Stik kayu yang biasanya kamu buang begitu saja setelah makan es krim, nyatanya dapat diubah menjadi sebuah prakarya yang unik dan menarik,  contohnya bila kamu mau mengubahnya menjadi kerajinan miniatur rumah.

Lalu, seperti apakah keunikan dari kerajinan tangan satu ini? Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya? Saya bukan orang yang terbiasa berkreasi dengan kerajinan tangan, lantas adakah panduan cara membuat rumah dari stik es krim yang gampang dan sederhana sehingga saya bisa mengikutinya? Nah, untuk bisa menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut, silakan ikuti pembahasan pada artikel berikut ini!

Cara Membuat Rumah Dari Stik Es Krim

Miniatur rumah dari stik es krim bekas bisa dibuat dengan mudah dan sederhana. Selain itu, alat dan bahan-bahan pelengkap yang dibutuhkan untuk membuatnya juga terbilang sangat murah dan gampang diperoleh. Nah, jika kamu tertarik untuk mencoba berkreasi menciptakan kerajinan tangan satu ini, berikut saya sudah membuatkan panduan cara membuat rumah dari stik es krim lengkap dengan gambar step by step dan video tutorialnya. Silakan langsung disimak!

Cara Membuat Rumah Dari Stik Es Krim

1. Alat dan Bahan

Langkah pertama dan yang paling utama untuk mempraktekan panduan cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim berbentuk rumah ini tentunya adalah persiapan alat dan bahan. Alat yang dibutuhkan sangat sederhana, yakni hanyalah pensil, gunting, dan penggaris saja. Sedangkan untuk bahannya yaitu stik es krim bekas dan lem UHU.

Perlu diingat bahwa, karena miniatur rumah yang akan dibuat pada tutorial kali ini adalah miniatur rumah tingkat, maka jumlah stik es krim yang dibutuhkan juga cukup banyak. Adapun lem UHU sebaiknya dipilih karena sifatnya yang tidak mudah kering, tapi tetap mampu merekatkan sambungan secara kuat.

2. Cara Membuat

Setelah alat dan bahan tersebut siap, berikutnya kamu bisa langsung mempraktekan step by step cara membuat miniatur rumah dari stik es krim sebagaimana dijelaskan sebagai berikut:

Cara Membuat Rumah Dari Stik Es Krim

Pertama, lakukan pengeleman terhadap 2 buah stik es krim di bagian tepinya. Lakukan ini secara berulang-ulang.
Kedua, bila sudah memperoleh 2 buah stik yang tersambung dalam jumlah banyak, berikutnya sambungkan kembali 2 stik yang sudah menyatu tersebut, hingga kamu memperoleh 4 buah stik yang menyatu seperti pada gambar.
Ketiga, lakukan langka kedua secara berulang sehingga kamu memperoleh banyak sambungan stik berjumlah 4.
Keempat, sekarang lem stik-stik yang diperoleh dari langkah ketiga.

Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Stik Es Krim

Kelima, lakukan hingga kamu memperoleh 20 stik yang tersambung secara mendatar. Perhatikan gambar 5!
Keenam, gunting kedua ujung stik agar kamu memperoleh tepi yang rata. Lakukan pengguntingan dengan terlebih dahulu memberikan mal menggunakan pensil dan penggaris.
Ketujuh, lakukan langkah kelima dan keenam sebanyak 1 kali sehingga kamu memperoleh 2 lempengan stik. Lalu, sambungkan kedua lempengan stik tersebut. Tahapan ini dilakukan untuk membuat alas miniatur rumah.
Kedelapan, tambahkan stik-stik lain di salah satu sisi lempengan agar alas miniatur rumah ini menjadi kuat dan tidak mudah bergeser. Perhatikan gambar 8!

Miniatur Rumah Dari Stik Es Krim

Kesembilan, alas rumah stik miniatur sudah selesai dibuat. Sekarang, kamu tinggal membuat dinding-dindingnya. Perhatikan desain pintu dan jendela pada dinding rumah yang tertera di gambar! Kamu bisa mengikutinya atau berimprovisasi sesuai seleramu.
Kesepuluh, jika dinding di lantai pertama sudah selesai dan merekat kuat, berikutnya kamu tinggal tambahkan bagian atap.
Kesebelas, tambahkan dinding lantai kedua dengan desain sesuai selera.
Keduabelas, berikan kesan jeruji-jeruji kecil untuk bagian jendela dan pintu.

Miniatur Rumah Dari Stik Es Krim

Ketigabelas, pastikan jendela dan pintu sudah terpasang rapi. Lantas, tambahkan atap di lantai kedua.
Keempatbelas, tambahkan kesan bertingkat pada atap kedua.
Kelimabelas, berikan atap terakhir di bagian atas.
Keenambelas, sekarang kita mulai mendesain aksesoris tambahan, misalnya tiang rumah.

Kerajinan Rumah Dari Stik Es Krim

Ketujuhbelas, tambahkan atap pada tiang rumah sebagai pelengkap pendopo.
Kedelapanbelas, berikan risplang di bagian tepi atap pendopo.
Kesembilanbelas, lengkapi atap bagian atas dengan pagar stik.
Keduapuluh, tambahkan aksesoris seperti meja dan kursi agar rumah tingkat yang kamu buat menjadi lebih realistis.
Cara Membuat Tempat Pensil Dari Stik Es Krim
Bingkai Foto Dari Stik Es Krim
Kerajinan Stik Es Krim Vas Bunga

3. Video Tutorial

Gampang sekali bukan membuat kerajinan tangan stik es krim berbentuk miniatur rumah tingkat ini? Nah, untuk kamu yang masih bingung dalam mempraktekan tahapan-tahapan di atas, kamu bisa simak langsung video tutorialnya berikut ini:



Demikianlah sekilas pembahasan yang dapat saya sampaikan tentang cara membuat rumah dari stik es krim yang gampang dan sederhana, lengkap dengan gambar dan video tutorialnya. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi. Dan khusus untuk kamu yang tertarik membuat jenis kerajinan tangan dari stik es krim bentuk lainnya, kamu bisa berkunjung ke link ini. Di link tersebut, kamu bisa menemukan berbagai ide ide segar yang mampu mengasah kreativitas kamu. Terimakasih! var obj0=document.getElementById("aim12069045105361864017"); var obj1=document.getElementById("aim22069045105361864017"); var s=obj1.innerHTML; var r=s.search(/\x3C!-- adsense --\x3E/igm); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);} Semoga Bermanfaat

Loading...

5 komentar:

  1. Susah juga ya.
    Saya buat nya sampai berhari-hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. butuh ketelitian dan kesabaran ya ... hehe, thank you sudah mampir ke mari

      Hapus
  2. Saya mau belajar bikin kerajinan dari stik tapi masih binging kendala yg tersulit bikin rumah miniatur apa saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah biasa nanti gak sesulit yang dibayangkan kok.... hehe, yang jelas butuh jam terbang aja sih

      Hapus