Loading...

Rabu, 17 Januari 2018

Ini 8 Cara Membuat Lampu Hias dari Kardus Bekas yang Mudah + Gambarnya Lengkap

Selamat datang di Cepot Predator 2 Dekorasi ruangan di rumahmu akan terasa lebih hangat jika ada ornamen lampu hias yang kamu pajang saat malam di salah satu sudut ruangan. Kendati begitu, harga lampu hias sendiri bisa dibilang cukup mahal, apalagi untuk jenis lampu hias bermerk dengan tampilan yang unik.  Namun, hal ini bisa disiasati jika kamu mau sedikit kreatif dengan membuat lampu hias sendiri dari barang bekas.

Ada banyak barang bekas yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan berupa lampu hias. Selain stik es krim dan botol bekas, lampu hias juga bisa dibuat dari kardus-kardus yang selama ini tersimpan di gudang rumahmu. Tak percaya? Coba ikuti pembahasan kali ini hingga tuntas, agar kamu tahu bagaimana cara membuat lampu hias dari kardus dan bisa mempraktekannya sendiri di rumah.

Cara Membuat Lampu Hias dari Kardus

Untuk membuat sebuah lampu hias dari kardus bekas, sebetulnya ada banyak desain dan bentuk yang bisa kamu pilih. Akan tetapi, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan salah satu desain yang dianggap paling unik dan paling mudah dibuat. Nah, yuk langsung saja kita praktekan step by step cara membuat lampu hias dari kardus tersebut.

Cara Membuat Lampu Hias dari Kardus

1. Alat dan Bahan

Pertama tama sebelum mempraktekan tutorial ini, kamu terlebih dahulu harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan. Alat yang disiapkan antara lain penggaris, pulpen, cutter, alat lem tembak, jarum, dan benang. Sedangkan bahan-bahannya antara lain kardus bekas (akan lebih baik bila berbentuk persegi), lem tembak, benang, manik-manik, dan cat warna (sprayer).

2. Cara Membuat

Berikutnya, setelah alat dan bahan tersebut disiapkan, kamu bisa langsung mempraktekan cara membuat lampu hias dari kardus sebagaimana langkah-langkah berikut ini.

Membuat Lampu Hias dari Kardus

Pertama, buat mal atau tanda garis lurus pada sisi kardus dengan lebar yang sama. Pastikan garisnya lurus supaya lampu hiasmu dapat menampilkan pencahayaan yang geometris.
Kedua, potong-potong kardus mengikuti garis yang telah dibuat. Untuk memudahkan tahapan ini, kamu bisa melipat kardusmu ke lantai baru kemudian menyayatnya.
Ketiga, susun potongan-potongan kardus dengan susunan seperti pada gambar. Atau bila ingin memiliki tampilan yang berbeda, kamu juga bisa menyusun potongan kardus tersebut dengan pola kesukaanmu. Jangan lupa berikan tanda pertautan pada masing-masing pertautan antar kardus.
Keempat, berikan lem pada tanda yang dibuat kemudian lekatkan potongan-potongan kardus.

Lampu Hias dari Kardus

Kelima, potongan kardus yang telah melekat sudah tersusun rapi.
Keenam, kamu bisa menyemprotkan warna kesukaanmu pada bagian luar dan dalam kardus supaya lampu hiasmu lebih terkesan mewah. Pada gambar di atas, saya menggunakan warna metalic supaya lampu hias terlihat seperti terbuat dari logam.
Ketujuh, tambahkan aksesoris berupa paku payung pada setiap sisi kardus. Aksesoris ini membuat lampu terkesan lebih hidup.
Kedelapan, berikan pula paku payung pada sisi kardus yang terpotong. Tapi ingat, tambahkan lem tembak supaya paku tersebut dapat melekat kuat.

Sampai ditahap ini, kamu tinggal menambahkan piting lampu di bagian atas susunan kardus. Lampu hias ini bisa kamu gantung sebagai kap, atau digunakan untuk penutup lampu meja (lampu duduk).
Cara Membuat Robot dari Kardus Bekas Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus Rak Sepatu Gantung dari Kardus Bekas

3. Video Tutorial

Sangat mudah bukan? Kami yakin kamu pasti bisa mengikuti setiap langkah yang dijelaskan dalam tutorial cara membuat lampu hias dari kardus yang kami jelaskan di atas. Dan terkhusus untuk kamu yang masih bingung, silakan simak tutorial dalam bentuk video seperti yang dapat kamu streaming pada sematan berikut.



Nah, demikianlah sedikit pemaparan yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana cara membuat lampu hias dari kardus, lengkap beserta gambar step by step dan video tutorialnya. Semoga bisa diikuti dengan mudah sehingga nantinya rumahmu akan bisa terlihat lebih hangat dengan adanya lampu hias ini.

Terakhir, khusus untuk kamu yang ingin belajar lebih  lebih banyak tentang cara membuat kerajinan tangan dari kardus dalam bentuk lainnya, kamu bisa mengunjungi link ini. Di link tersebut, ada banyak ide-ide kreatif yang telah saya buat tentang pemanfaatan barang bekas menjadi berbagai bentuk kerajinan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan. Salam. var obj0=document.getElementById("aim13157371392620755041"); var obj1=document.getElementById("aim23157371392620755041"); var s=obj1.innerHTML; var r=s.search(/\x3C!-- adsense --\x3E/igm); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);} Semoga Bermanfaat

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar